Home » »

 

Tips Memperbaiki Lampu Efisiensi dan CARA Memperbaiki Lampu Efisiensi 

Pada kesempatan ini kita akan coba membahas cara memperbaiki lampu hemat energi / lampu efisiensi. Lampu yang sudah mati merupakan barang bekas yang tidak bisa dipakai lagi dan kebanyakan orang langsung membuangnya, sebenarnya lampu tersebut masih bisa diperbaiki. Berikut ini saya berikan tips memperbaiki lampu efisiensi yang kebanyakan sering dilakukan oleh dokter lampu. Cara kerja lampu efisiensi atau lampu hemat energi yaitu arus listrik 220 Volt di ubah menjadi arus dc oleh dioda bridge selanjutnya difilter oleh kondensator elektrolit. Tegangan tersebut kemudian diolah secara elektronik oleh rangkaian inverter dari tegangan dc dirubah menjadi  ac kemudian arus tersebut akan menyulut tabung CFL (Compact Fluorescent Lamp ).  
Lampu hemat energi
Gambar Lampu Efisiensi
Cara Memperbaiki Lampu Efisiensi :

Pertama-tama kita siapkan alat berupa solder,atraktor,tenol,multi tester,obeng kecil. Setelah alat-alat lengkap maka kita mulai membuka tutup dari rangkaian lampu dengan cara mencongkel dengan obeng kecil. Setelah tutup tersebut terbuka maka kita dapat melihat rangkaian elektronika/ballast elektronik.Kemudian pisahkan rangkaian tersebut dengan lampu tabung tersebut dengan cara melepas 4 kawat sambungan pada rangkaian. Untuk mengetes filament tersebut kita gunakan multi tester pada posisi 10X. Apabila jarum bergerak saat pengukuran masing-masing filament maka dapat kita simpulkan bahwa lampu tabung masih layak digunakan. Karena lampu tabung masih baik maka kemungkinan besar kerusakan terjadi pada rangkaian ballast elektronik. Apabila filament lampu tabung yang putus maka kemungkinan rangkaian ballast elektronik masih baik. Kerusakan pada lampu biasanya ada 2 kemungkinan yaitu Rangkaian ballat rusak atau lampu tabung yang putus, maka dapat kita akali dengan cara kanibal. Cara kanibal dapat kita gunakan apabila kita mempunyai 2 lampu yang rusak dan kerusakannya berbeda cotohnya kita mempunyai sebuah lampu yang rusak ballast elektronik dan lampu yang lain rusak pada lampu tabungnya. Kita dapat memanfaatkan ballast elektronik yang masih bagus dan kita pasang pada tabung lampu yang masih bagus.
Pada komponen ballast elektronik yang sering rusak adalah transistor. Karena hampir semua jenis ballast elektronika yang ada hamper sama, maka bisa kita gunakan system kanibal pada ballast elektronik yang lain. Dengan system kanibal kita dapat menghemat biaya. Biasanya transistor yang digunakan yaitu seri 13001 untuk daya <8 watt, seri 13002 untuk daya 8 watt sampai 18 watt, seri 13003 untuk daya diatas 18 watt.
Tanda kerusakan tabung lampu :
  • Pada salah satu atau kedua ujung filament berwarna hitam,hal ini dikarenakan panas yang berlebih pada filament yang diakibatkan tegangan lebih ataupun usia pakai. Untuk lebih baiknya kita gunakan multitester untuk mengecek filament.
  • Tabung lampu retak,kemungkinan dikarenakan jatuh ,terbentur,atau karena panas yang berlebih pada tabung lampu.
Tanda kerusakan pada ballast elektronik :
  • Sekring putus, biasanya putus dapat kita tes menggunakan multi tester pada skala 1X, apabila jarum bergerak maka sekring baik.
  • Dioda short, hal ini jarang terjadi untuk mengetesnya kita menggunakan multi tester pada posisi 10X, apabila jarum tidak bergerak maka dioda putus. Bila pengetesan posisi dioda dibolak-balik dan jarum bergerak maka dioda short.
  • Capasitor, kerusakan pada umumnya capasitor terlihat menggembung. Cara pengetesan menggunakan multi tester posisi 10X apabila jarum bergerak kemudian kembali ke-posisi nol berarti capasitor baik. Apabila jarum bergerak dan tidak kembali maka capasitor korslet.
  • Resitor, kerusakan biasanya ditandai dengan terlihat terbakarnya resistor. Cara pengetesan dengan multi tester, bila jarum bergerak menunjukkan nilai yang sama dengan nilai resistor maka resistor baik,apabila jarum tidak bergerak maka resistor putus.
  • transistor, biasanya transistor pecah, untuk mengetesnya menggunakan multi tester posisi 10X. Transistor baik jika jarum bergerak apabila basis pada kabel merah dan colektor atau emitor pada kabel hitam dan jarum tidak bergerak pada saat dites menggunakan multi tester antara colektor dan emitor.
Lampu efisiensi
Gambar Ballast Lampu Efisiensi




Untuk bahan penunjang berikut ini saya berikan beberapa contoh skema lampu effisiensi / lampu hemat energi.
1. Lampu Philips 11 Watts
skema lampu philips




2. Lampu Philips 14 Watts
lampu philips





3. Lampu Osram Dulux EL 21 Watts
lampu hemat energi





4. Lampu Eurolite 23 Watts
lampu efisiensi

 

 

 

 

 

 

 

 

CARA Memperbaiki Lampu Efisiensi 

Perbaikan lampu efisiensi ini pada awalnya hanya teknik coba-coba untuk mengurangi limbah sampah yang diakibatkan oleh limbah lampu yang semakin hari semakin banyak karena tidak ter-urus. Namun tak mengherankan baik di kota besar maupun pedesaan, seiringnya banyaknya pengguna lampu hemat energi ini, bisnis lampu ini semakin banyak di gandrungi oleh pelaku bisnis karena keuntungan yang di perolehnya. Dan bagi konsumen masyarakat golongan menengah kebawah khususnya juga lebih memilih untuk membeli / memperbaikinya karena harganya lebih murah dan terjangkau. 
Jika anda berminat untuk mencoba memperbaiki maupun mencoba bisnis yang menggiurkan ini, silahkan baca tips teknik memperbaiki lampu efisiensi  ini. Dan jika anda berhasil anda akan mendapatkan julukan gelar profesi "Sang Dokter Lampu".
Langkah perbaikan Lampu Efisiensi:

1. Bongkar casing lampu dengan openg minus, namun perlu diperhatikan anda harus berhati-hati dalam proses ini. Jangan membongkar casing lampu pada tulisan merk bagian depan, biasanya untuk pengunci lampu terletak disisi belakang tulisan merk (semisal philips) diantara sela tabung CFL.

2. Check tabung lampu CFL, Setelah terbongkar langkah awal yang perlu diperhatikan adalah check dulu keempat pin kawat tabung CFL anda dengan menggunakan multimeter (posisi ohm x1 atau x10 ). jika masih connect (nyambung) berarti lampu anda masih ada harapan untuk hidup kembali.
Keterangan : 
A1 dan A2, B1 dan B2: harus terkoneksi. Pengecekan ini mirip seperti jika anda mengecheck tabung lampu TL biasa. {dalam PCB tertulis P1 (A1), P2 (A2), P3(B1), P4(B2) }. Inisial A dan B ini saya berikan agar lebih mudah untuk dipahami sebab jalur A (1,2) tidak mungkin akan terkoneksi dengan tabung B (1,2).

Tapi jika anda masih ragu, langkah yang harus ditempuh adalah test dengan rangkaian yang masih hidup. Tapi langkah ini jarang ditempuh oleh para teknisi yang sudah mahir di bidangnya. Tapi jika anda masih pemula sebaiknya test dulu dengan menggunakan tambahan kabel pada setiap pin tabung CFL seperti gambar berikut ini.
3. Jika tabung masih OK, kemudian check elco paling besar  biasanya ukuran 3,3 - 10 uf / 400V untuk china 3,3 - 4,7uF/250V. Biasanya kerusakan ditandai dengan melembungnya elco dan jika di check dengan multimeter jarum tidak akan kembali normal (elco sudah tidak menyimpan muatan).
4. Kapasitor tantalum starter short atau putus
Biasanya untuk kapasitor ini ukuran 2n2/1200V - 4n7/1200V letaknya pada bagian yang menyambungkan antar filamen ( filamen A dan B tabung CFL ). Jangan mengganti kapasitor ini dengan tegangan dibawah 450 V, karena fungsi kapasitor ini sangat riskan terhadap tegangan tinggi yang sudah dikuatkan oleh transistor.
Seperti kasus yang dialami penulis saat memperbaiki lampu merk EKONOMAT ternyata kapasitor starter berukuran 2n2/1200 Volt short dan terbukti saat penulis mengukurnya dengan multimeter. Setelah diganti hasilnya TOP CERR !!!.
5. DIODA IN4007 short, hal ini jarang terjadi namun alangkah baiknya anda check terlebih dahulu apabila mendapati transistor anda pecah/retak. karena jika anda langsung mengganti transistornya anda tidak akan mengatasi masalah.
6. Transistor, ini adalah masalah utama yang biasanya banyak terjadi pada segala jenis lampu hemat energi.Transistor mati bisa diakibatkan karena umur maupun komponen lain. Apabila anda mendapati transistor mati biasanya akan diiringi juga resistor fusenya juga akan ikut mati. hal ini dilakukan oleh produsen untuk mengamankan tabung lampu CFL. Resistor fuse input basis transistor berukuran 20ohm - 30ohm dan resistor fuse output emitor 1,5 ohm - 2,2 ohm (ada juga tipe lain yang menggunakan 10ohm).
Transistor lampu hemat energi 
Berikut ini saya berikan contoh penggunaan tipe transistor pada jenis ukuran lampu:
a. TR MJE 13001 = untuk daya 5 Watt dan 8 Watt ( merk china 20 W )
b. TR MJE 13002 = untuk daya 10 Watt  sampai dengan 20 Watt
c. TR MJE 13003 = untuk daya 23 Watt sampai dengan 25 Watt
d. TR MJE 13005 = untuk daya 28 Watt sampai dengan 45 Watt
e. TR MJE 13007 = untuk daya 75 Watt
**Note = Untuk transistor tipe lain tidak disebutkan karena sulit didapatkan di pasaran (DK5xx, DD5xx, 2482S, dsb ).
7. proses pengecekan, Proses ini adalah proses terakhir pengecheckan rangkaian lampu hemat energi yang telah diperbaiki. Jika anda takut menggunakan tabung CFL anda, bisa gunakan tabung lampu TL biasa ( fluorescent ) untuk melakukan pengetesan pada tahap ini.

Untuk lebih jelasnya pada saat melakukan perbaikan saya sarankan untuk melihat contoh skema berikut ini, didalam skema tersebut sudah saya berikan tanda kerusakan yang paling sering terjadi pada lampu efisiensi ( lampu hemat energi).
skema lampu jari hemat energi

Atasi masalah anda tanpa ada masalah........... !!!!

TIPS MODIFIKASI LAMPU EFISIENSI BUATAN CHINA :
Untuk tambahan bagi pembaca setia Eyuana.Com berikut ini saya tambahkan beberapa kasus kerusakan yang sering terjadi untuk lampu china ukuran 20 watt ( EKONOMAT, KOBE, FUJILIGHT,dsb ) dan cara modifikasi agar lampu tetap awet walaupun harganya yang murah. 
Lampu model china merupakan lampu yang di produksi untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan harga yang terjangkau, namun jangan salah jika seringkali saat anda membelinya tidak lebih dalam jangka waktu 2 bulan lampu tersebut  mengalami gejala kerusakan. Kerusakan ditandai dengan lampu berkedip dan paling parah mcb pada meteran ikut anjlok karena tidak adanya rangkaian pengaman pada rangkaian bawaannya. Untuk menanggulanginya silahkan baca tips berikut ini :
1. Kerusakan Lampu Berkedip, jika anda mengalami hal ini coba bongkar lampu anda sesuai cara yang telah dijelaskan diatas. Ganti 2 buah elco yang paling besar (biasanya ukuranya 3,3uF/250volt atau 4,7uF/250volt). Ganti dengan 2 buah elco ukuran 4,7uF/400Volt. Cara ini akan memperpanjang umur pemakaian lampu anda sebab elco dengan voltase besar akan lebih awet dan tahan terhadap tegangan listrik yang tidak stabil.
2. Lampu Mati tapi saat dipegang Nyala Redup. Kondisi ini paling sering terjadi adalah kapasitor sarter yang nilainya 2n2/1200V putus. Tapi penulis pernah mengalami hal ini semua komponen sudah diganti namun tidak ada tanda kehidupan, ternyata setelah di check milar ukuran 1nF putus dan setelah diganti OK.
3. Transistor Jebol Terus, Biasanya juga di ikuti dengan jebolnya resistor fuse ukuran 30ohm pada input basis transistor. Jika anda mengalami hal ini jangan putus asa dulu, saya pernah mengalami hal ini sampai akhirnya saya putuskan ganti transistor MJE 13001 dengan tipe diatasnya MJE 13002. Dan alhamdulilah sampai sekarang masih awet.
4. Listrik Anjlok (konsleiting), Jika hal ini terjadi segera ganti 4 buah dioda IN4007. Apabila dioda ada yang short maka otomatis akan diikuti pula jebolnya transisitor MJE 13001 dan resistor fusenya. Untuk menjadikan lebih aman sebaiknya tambahkan resistor ukuran 2,2ohm pada jalur input 220 volt yang masuk ke dioda ( sedikit meniru skema diatas ).
5. Tabung CFL Rusak, Dah tahap ini paling ngenes.... !!! di lem biru aja ( lempar terus beli baru ). Tapi jika anda sayang ya belilah tabung lampu yang baru harganya gag diatas 10rb. Banyak di forum forum yang menjual tabung lampu CFL ini.
Sekian dulu, silahkan mencoba bagi teman-teman yang ingin mencoba memperbaiki maupun yang ingin serius menekuni bisnis lampu hemat energi ini. Jika ada tambahan informasi atau bertanya mengenai postingan ini, anda bisa berkomentar pada link komentar yang telah disediakan. Terimakasih dan salam hangat selalu dari kami (tim kreatif : Pusat Pengetahuan dan Teknologi).

 By: Rreuni@yahoo.com

Gubernur jateng Bapak Bibit waluyo (01 April 2013)

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. LOWONGAN KERJA DIINDUSTRI GARMEN DIJAMIN KERJA GRATIS.. - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by FACE BOOK : Rreuni@yahoo.com JANGAN LUPA di AAD