Home » »

Skema Lampu TL tanpa Trafo Ballast

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang cara menghidupkan lampu Fluorescent atau yang sering disebut dengan lampu TL. Kita sering menyebutnya TL, mungkin diantara kalian bertanya - tanya apa sebenarnya kepanjangan dari TL tersebut.  Ehmm.. coba pikir sejenak....!!

Lampu TL merupakan kepanjangan dari " Tube Luminescent ", ada juga yang menyebutnya dengan " Tube Lamp " sering disebut juga dengan lampu tabung ataupun lampu neon. Sedikit kita mengulang sejenak pelajaran SMP bahwa lampu TL merupakan sebuah lampu berbentuk tabung hampa yang pada setiap ujungnya terdapat 2 pasang kawat pijar ( coil ) yang prinsip kerjanya seperti lampu pijar biasa, yang menjadi perbedaan pada lampu ini adalah di dalam tabung tersebut disuntikkan dengan mercury dan gas argon dengan tekanan rendah, ketika arus listrik mengalir elektron-elektron akan berpindah tempat dari ujung yang satu ke ujung tabung yang lain. Energi listrik ini juga merubah mercury dari cairan menjadi gas sehingga pada saat bersamaan atom mercury yang berupa gas ini akan tertabrak oleh elektron. Tabrakan ini menyebabkan energi elektron meningkat. Ketika energi elektron kembali normal saat itulah elektron-elektron itu melepaskan energi menjadi cahaya ringan. Untuk menghidupkan sebuah lampu TL wajib dibutuhkan ballast dan strarter. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan berkreasi bagaimana cara menghidupkan lampu TL tanpa menggunakan ballast dan starter. Mungkin anda bertanya - tanya dan pasti berfikir lama dan menggerutu >> Tidaklah Mungkin !!!  dan saya akan berkata >> Sangatlah Mungkin :-).
Sebelumnya kita ber-eksperiment mari kita lihat skema dasar menghidupkan sebuah lampu TL yang digunakan oleh orang pada umumnya.
Rangkaian Lampu TL
" SKEMA DASAR LAMPU TL "
Dari skema diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa trafo ballast hanya membatasi besar arus yang mengalir dan menyesuaikan dengan karakteristik lampu tersebut. Sedangkan starter berfungsi sebagai penyulut saat awal starting karena sebuah lampu TL pada awal startingnya memerlukan tegangan yang cukup tinggi kurang lebih 400 Volt untuk memanaskan elektroda agar gas pada tabung tersebut dapat berpindar.
Untuk membuktikan kesimpulan saya di atas anda dapat membuat sebuah rangkaian pengganti yang dapat mudah di dapatkan di pasaran dan toko elektronika yang dekat dengan tempat tinggal anda. 
Bahan yang perlu anda siapkan adalah : 

1. Kapasitor 330 nF / 400 Volt
2. Resistor 680K ukuran 1 Watt  ( biru, abu-abu, kuning )
3. Resistor 100K ukuran 1 Watt  ( coklat, hitam, kuning )
4. Resistor   56K ukuran 1 Watt  ( hijau, biru, kuning )
5. Resistor 100 ohm   ukuran  5 Watt  ( Resistor Model Kapur )
Setelah anda siapkan komponen diatas, kemudian buat rangkaian seperti gambar di bawah ini :

Lampu TL tanpa Trafo Ballast
Jika rangkaian sesuai gambar di atas pastikan untuk berhati-hati saat menyalakanya, jauhkan dari grounding / pertanahan, sebab jika rangkaian yang anda buat tidak rapi akan mengakibatkan  konsleiting. 

Gubernur jateng Bapak Bibit waluyo (01 April 2013)

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. LOWONGAN KERJA DIINDUSTRI GARMEN DIJAMIN KERJA GRATIS.. - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by FACE BOOK : Rreuni@yahoo.com JANGAN LUPA di AAD